Subekti, Narasumber Seminar Nasional “Shining For Memorable, Share Your Care”

Subekti, Sekretaris PTPDI Jawa Tengah menjadi Narasumber dalam acara Seminar Nasional Shining For Memorable, Share Your Care Selasa (06/12/2022) di Auditorium Ruang Lantai 4. Kampus 3 Poltekes Kemenkes Semarang, Jalan Wolter Monginsidi 115, Pedurungan Tengah yang diselelnggarakan oleh Dewan Mahasiswa dan Himpunan Mahasiswa Jurusan Analis Kesehatan Program studi Teknologi Bank Darah (TBD) dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun TBD Logyfest 2.0 (Blood Bank Technology Birthday Festival 2.0).

Seminar ini dihadiri kurang lebih 1300 peserta terdiri dari pratisi, Teknisi Pelayanan Darah (TPD), akademisi dan mahasiswa baik dari internal Poltekes Kemenkes Semarang maupun dari luar. Acara dimulai dengan Pentas Tari selamat datang, Do’a bersama, menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Hymne dan Mars Poltekkes Semarang, Prakata Panitia dan sambutan dari Direktur Poltekkkes Semarang sekaligus pembukaan acara Seminar, hadir pula dalam pagelaran ini Ketua  PTPDI Jateng Asrori.

Ketua Himpunan Mahasiswa TBD, Almira mengungkapkan Seminar ini bertujuan mensosialisasikan keberadaan Himpunan Mahasiswa TBD pada kalayak luas dan sebagai upaya peningkatan kualitas kelimuan bagi TPD 

Quality Control pada Pembuatan Produk Darah Kebutuan transfusi darah terus meningkat sehingga diperlukannya keamanan darah yang sesuai standar. Untuk menunjang kemanan darah perlu dilakukan quality control produk darah untuk melihat apakah mutu dari darah sudah sesuai sehingga darah yang akan di transfusikan kepada pasien aman dan memberikan efek terapeutik, efektif sesuai dengan peraturan yg berlaku. Imbuhnya.

Quality Control pada Pembuatan Produk Darah adalah tema yang di Paparkan oleh Subekti, Mutu komponen darah harus terjamin melalui pengawasan pada semua tahap pengolahan mulai dari seleksi donor hingga pengiriman ke Rumah Sakit, terangnya saat menyampaikan materi dengan penuh semangat.

Ibu dua anak ini mengungkan Tujuan Pengawasan Mutu/QC produk darah adalah Uji kontrol kualitas untuk menjamin kualitas produk aman, efektif dan konsisten, Menghilangkan kontaminasi bakteri, transmisi penyakit, serta efek yang tdk diingikan dari penggunaan komp darah, Kontrol kualitas juga dapat digunakan sebagai kontrol hasil analisa terhadap kemungkinan penyebab dari tenaga kerja, material maupun mesin/alat dll.

Pemateri lainya adalah dr. Titien Budhiaty dari Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta dengan pokok bahasan Standar Prosedur Pemeriksaan IMLTD metode NAT, dan acara di lasnjutkann dengan sesi tanya jawab. (As).

Share on Google Plus

About ITTDI JAWA TENGAH

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar