PMI Buka Program Studi D III Teknologi Bank Darah


Ketua Harian Palang Merah Indonesia (PMI), Prof. Dr. Ir. Ginanjar Kartasasmita, secara  resmi membuka Program studi Diploma III Teknologi Bank darah di Gedung Akademi Bakti Kemanusiaan (ABK) PMI, Jalan Joe, No. 7, Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Lembaga pendidikan milik PMI ini akan beroperasi sejak Senin, (29/8/2016).
Ginandjar Kartasasmita menjelaskan pembukaan Prodi D III Teknologi Bank darah sebagai upaya PMI untuk mencetak SDM yang berkualitas dalam meningkatkan pelayanan darah yang memadai, aman dan berkualitas di seluruh Indonesia. “Kita memiliki target mendapatkan 4 juta kantong darah setiap tahun di Indonesia, untuk itu pembukaan Prodi D III ini sangat menunjang target tersebut” ungkap Purnawirawan Jendral Bintang dua itu, saat memberikan kuliah umum kepada para mahasiswa.
Sementara itu, Direktur ABK PMI, dr. Suhesti H, Sp.A, mengatakan bahwa penyelenggaraan pendidikan Akademi Bakti kemanusiaan Palang Merah Indonesia Program Studi DIII Teknologi Bank Darah berdasarkan SK Kemenristek dan Pendidikan Tinggi RI nomor 147/KPT/I/2015. Ia menambahkan ABK PMI awalnya adalah kursus Program Transfusi Darah selama 6 bulan bagi lulusan SMA PMI sejak tahun 1969 hingga 1993. Kemudian berkembang pendidikan menjadi Diploma I Teknologi Transfusi Darah dengan kurikulum yang disahkan oleh Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan (Pusdiknakes) Departemen Kesehatan RI.
 “Saat ini pendidikan PMI menjelma menjadi Prodi DIII Teknologi Bank Darah, hal itu kami lakukan sebagai upaya untuk mencetak SDM PMI yang lebih berkualitas, khususnya dalam bidang pelayanan transfusi darah” Ungkap dr. Hesti. Selain itu penyelenggaraan pendidikan ini untuk memenuhi persyaratan Kementrian Kesehatan RI yang mewajibkan tenaga kesehatan memiliki pendidikan minimal D III. (Satria Loka) sumber: www.kartininews.com
Share on Google Plus

About ITTDI JAWA TENGAH

    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 komentar: