KETUA DPW PTPDI PROVINSI JAWA TENGAH ASRORI, AMBIL SUMPAH PROFESI TEKNISI PELAYANAN DARAH LULUSAN PROGRAM STUDI BANK DARAH POLTEKES KEMENKES SEMARANG

 

Semarang | Bertempat di Hotel Grasia, Jl. Letnan Jenderal S. Parman No.29, Gajahmungkur, Semarang, Program studi Teknologi Bank Darah (TBD) Poltekes Kemenkes Semarang melaksanakan sumpah profesi, hadir secara langsung ketua DPW PTPDI Provinsi Jawa Tengah Asrori, untuk mengambil sumpah profesi sebanyak 51 lulusan yang terdiri dari 50 lulusan beragama Islam, dan 1 beragama Kristen, terlihat antusias mengikuti prosesi tersebut. (26/9/2022).

Kegiatan angkat sumpah profesi dipimpin langsung oleh ketua DPW PTPDI Jawa Tengah dan didampingi Bendahara PTPDI Jawa Tengah (Titik Desyawati, A.Md. Kes., S.KM), Ketua Ikatan Alumni, Wali Mahasiswa, Wakil Direktur III (Luthfi Rusyadi, SKM, MSc), Para Pejabat, para Ketua Jurusan, Ketua Jurusan Analis Kesehatan, Kaprodi, Dosen dan Sivitas Akademika di lingkungan Poltekes Kemenkes Semarang.

Angkat sumpah profesi dilaksanakan bertujuan untuk mempersiapkan tenaga Kesehatan dalam mengemban tugas di pelayanan darah yang memiliki tanggungjawab terhadap Tuhanya, dirinya, teman sejawad, Almamater dan Profesinya yang didalamya mengandung nilai-nilai kejujuran, kerahasiaan dan pelayanan.

Ketua Jurusan Analsis Kesehatan Teguh Budiharjo, STP, M.Si dalam sambutannya mengatakan sangat berbahagia karena melihat para anak didiknya kini bukan lagi bergelar mahasiswa namun sudah mampu menjadi seorang Teknisi Pelayanan Darah (TPD). Dengan diambilnya sumpah profesi ini, Teguh Budiharjo melanjutkan semakin mengukuhkan anak didiknya menjadi seorang TPD yang profesional.

“Saya disini dan semua dosen yang menyaksikan kalian disumpah profesi, hari ini sangat berbahagia karena melihat kalian dapat menyelesaikan tugas dan tanggung jawab kalian untuk menuntaskan pendidikan D3 selama tiga tahun. Sumpah yang kalian lakukan merupakan bagian dari tanggung jawab kalian mengemban profesi nantinya,” tutur Teguh Budiharjo.

“Alhamdulillah dengan kerja keras dan kerja Ihklas dari semua komponen Civitas Akademika Poltekes Kemenkes Semarang, program study D3 Teknologi Bank Darah meraih Akreditasi Unggul, ini merupakan tangunggjawab yang harus di emban dari semua alumni agar benar-benar unggul” Ujarnya.

Selain itu kegiatan angkat sumpah profesi ini diharapkan dapat menjadikan seorang TPD memiliki ketampilan dan sikap yang mulia ketika dihadapkan dengan masyarakat. Asrori menyampaikan dalam sambutyannya bahwa “mewujudkan masyarakat yang sehat merupakan tanggung jawab seluruh masyarakat Indonesia, salah satu upaya untuk mewujudkan hal tersebut adalah dengan melalui penyelenggaraan Pendidikan tinggi dalam bidang Kesehatan untuk menghasilkan tenaga Kesehatan yang berkualitas dan professional serta memiliki tanggung jawab sosial yang tinggi dan menjadi tenaga Kesehatan yang bermartabat.

“Untuk kalian yang sudah diambil sumpahnya kalian harus tumbuhkan semangat kesejawatan antar sesama TPD, bangun sikap perilaku yang profesional dan selalu tersenyum dalam bekerja karena semangat dan etos kerja yang baik merupakan serabut nadi dalam sebuah profesi,” Ungkap ketua PTPDI Jawa Tengah ini.

“Setiap mereka yang lulus dari jenjang profesi, sebelum masuk ke lapangan mereka harus diambil dulu sumpahnya sebagai TPD. Agar, pada saat turun ke lapangan, mereka pun betul-betul memiliki komitmen bahwa mereka ingin menjadi TPD profesional yang betul-betul bertanggung jawab terhadap dirinya, profesinya, maupun terhadap Tuhannya masing-masing,”

Asrori sendiri berharap agar TPD lulusan Poltekkes Kemenkes Semarang ini dapat menjadi seorang TPD yang profesional, yang bukan saja memiliki pengetahuan yang baik, tetapi juga juga memiliki keterampilan dan Ahlak yang baik. “Selain itu, TPD pun ditekankan harus memiliki sikap dan perilaku yang baik, karena sekarang TPD itu benar-benar dihadapkan dengan masyarakat. Tujuannya pun betul-betul ingin melayani Pendonor, Keluarga Pasien, dan pasien dengan baik,” harap Asrori

Sejak pukul 08.00 WIB Auditorium Hotel Grasia dipenuhi oleh para lulusan TPD untuk diambil sumpahnya. dengan menggunakan baju batik dan gaun kebaya berwarna merah muda, para peserta mengikuti prosesi pengambilan sumpah profesi dengan tertib dan khidmat. (As)


Share on Google Plus

About ITTDI JAWA TENGAH

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar